Puluhan PMKS Ditertibkan Satpol PP

SATUAN Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok kembali menjaring 22 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang selama ini beroperasi di angkutan umum dan pinggir jalan. Ke-22 PMKS tersebut berhasil ditertibkan petugas saat berada di sepanjang Jalan Margonda, Jalan Juanda dan Jalan Raya Sawangan.

“Kemarin sore (17/10), kami berhasil menjaring 22 PMKS yang selama ini berkeliaran dan meresahkan warga. Di antaranya 18 orang pengamen, 1 pedagang asongan dan 3 orang pengemis,” ujar Kepala Satpol PP Kota Depok, Yayan Arianto di Balai Kota, Kamis (18/10).

Di katakannya, petugas terpaksa mengamankan PMKS, karena kerap beroperasi di pinggir jalan dan dalam angkot, sehingga dikhawatirkan membahayakan dirinya dan orang lain. Mereka yang terjaring, kemudian didata dan diserahkan kepada Dinas Sosial (Dinsos) untuk dibina.

“PMKS yang terjaring akan didata dan dibina oleh Dinsos, agar tidak kembali ke jalan,” katanya.

Biasanya, lanjut Yayan, pihaknya kerap melakukan penjangkauan di beberapa titik yang disinyalir menjadi tempat berkumpulnya para PMKS seperti di Jalan Margonda, Jalan Juanda, Jalan Siliwangi, Jalan Dewi Sartika, Jalan Nusantara, Jalan Sawangan dan sebagainya. PMKS yang dimaksud antara lain, pengamen, pedagang asongan, pengemis, anak jalanan serta Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Untuk ketertiban Kota Depok, Yayan meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut membantu. Caranya dengan mengirimkan aduan atau laporan jika ada PMKS yang meresahkan ke twitter di alamat @pemkotdepok dan facebook milik Pemerintah Kota Depok.

“Kirimkan foto PMKS yang berkeliaran beserta lokasinya, nanti bisa dikirim ke sosial media Pemkot Depok dan di cc-kan ke @PolPPDepok, nanti akan kami tindak lanjuti,” tutupnya. (Vidyanita)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*